Tata Tertib

Siswa-Siswi SMP / SMA Methodist-2 Medan


 

  1. Dasar dan Tujuan
    1. Setiap siswa/i diwajibkan untuk menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, sopan santun, rasa hormat, tanggung jawab, kepedulian, rasa bangga dan setia pada sekolah.
    2. Setiap siswa/i diwajibkan melaksanakan dan memelihara: ketertiban, keindahan, kebersihan, keamanan, dan kekeluargaan di dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.
    3. Setiap siswa/i senantiasa melaksanakan isi Janji Siswa antara lain:
      1. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945
      2. Patuh terhadap nasihat guru dan orangtua / peraturan dan tata tertib sekolah
      3. Belajar giat dan bekerja keras untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, ketrampilan dan cinta tanah air.
  2. Ketentuan Seragam dan Penampilan Fisik / Kelengkapan Siswa
    1. Semua siswa/i harus memakai seragam sekolah yang ditentukan (harian/olahraga/upacara) selama berada di lingkungan sekolah dengan ketentuan
      1. Bagi siswa/i SMP: mengenakan kemeja lengan pendek yang berwarna putih dilengkapi dengan artibut OSIS di bagian dada sebelah kiri, dan nama di sebelah kanan, serta identitas sekolah di lengan kanan; celana pendek untuk siswa, dan rok untuk siswi yang berwarna biru (ukuran dan model ditentukan sekolah) sesuai dengan gambar.
      2. Bagi siswa/i SMA: mengenakan kemeja lengan pendek yang berwarna putih dilengkapi dengan artibut OSIS di bagian dada sebelah kiri, dan nama di sebelah kanan, serta identitas sekolah di lengan kanan; celana pendek untuk siswa, dan rok untuk siswi yang berwarna abu-abu (ukuran dan model ditentukan sekolah) sesuai dengan gambar.
    2. Pemakaian seragam sekolah adalah kemeja dimasukkan ke dalam celana atau rok; dan khusus pada pelaksanaan upacara nasional pemakaian seragam sekolah dilengkapi dengan dasi dan topi (yang ditentukan sekolah).
    3. Rok siswi 3 cm di bawah garis lutut atau tidak ketat, celana panjang siswa tidak dikuncupkan (skinny).
    4. Ikat pinggang berwarna hitam polos dengan model polos dan standar.
    5. Sepatu dan talinya berwarna hitam polos dengan tinggi tumit maksimal 3 cm, dan kaus kaki berwarna putih tanpa warna-warna lain melewati mata kaki 5cm.
    6. Rambut. Khusus bagi siswa tidak diperkenankan mencat rambut, memelihara kumis, jambang, jabrik, jenggot, kuku, rambut panjang (maksimal 7cm), Diharapkan secara teratur memotong rambut antara tanggal 1 s.d 7 setiap bulannya, dan setelah tanggal tersebut diadakan pemotongan rambut bagi yang melanggar ketentuan (bukan model). Untuk hal ini, model rambut tidak berlebihan, melainkan tersisir rapi setiap saat.
    7. Khusus bagi siswi tidak diizinkan memakai make up, mencat rambut, memelihara kuku, mencat kuku, mengenakan kontak lensa selain warna bening, membaut jabrik. Model rambut tidak berlebihan, melainkan tersisir dengan rapi setiap saat.
    8. Setiap siswa/i tidak diperbolehkan memakai atau membawa perhiasan jenis apapun ke dalam komplek sekolah.
    9. Setiap siswa/i wajib memiliki agenda sekolah, buku tulis cetakan sekolah dan buku bacaan yang ditentukan oleh sekolah.
    10. Siswa di kompleks sekolah pada masa sekolah (kecuali libur umum dan resmi) diwajibkan memakai mengenakan pekaian yang direkomendasi sekolah.
    11. Mengenakan seragam sekolah sesuai dengan model yang digambarkan.
  3. Penataan / Pemeliharaan Kelas
    1. Setiap siswa/i wajib melaksanakan penetapan tugas yang disusun Wali Kelasnya; sehingga bangku, meja, lemari, papan tulis, sapu, sekop, papan informasi, alat tulis kelas, harus senantiasa rapi dan bersih.
    2. Kebersihan kelas adalah tanggung jawab seluruh siswa/i masing-masing kelasnya; sehingga setiap siswa/i dilarang keras mengotori, menulisi, menggores atau merusak perlengkapan sekolah.
    3. Lemari kelas hanya untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan kerpeluan sekolah, bukan untuk penyimpanan keperluan pribadi seperti buku, topi, pakaian / alat olahraga.
    4. Setiap siswa/i tidak diizinkan, kecuali atas petunjuk atau yang dibernarkan oleh guru. Dan setiap selesai pelajaran, petugas kebersihan harus segera membersihkan papan tulis.
    5. Tidak diizinkan menyimpan atau meninggalkan buku apapun milik siswa/i di dalam laci atau bangku jika waktu sekolah sudah selesai.
    6. Setiap siswa/i tidak diperbolehkan membawa “buku-buku cerita, Tip-ex, Majalah, Novel, Kaset, CD, Pager, Benda-benda tajam atau hal-hal lainnya. Khusus handphone ditegaskan: bagi yang terbukti membawanya ke sekolah maka HPnya disita dan akan dikembalikan pada saat siswa/i meninggalkan pendidikannya di sekolah ini (pindah atau berakhir masa pendidikan)” yang tidak berkaitan dengan pelajaran sekolah ke kompleks sekolah.
    7. Barang berharga (uang), kartu pelajar, kartu kredit, jam tangan, supaya jangan sembarangan ditinggalkan di dalam kelas atau kompleks sekolah sebab hal tersebut merupakan tanggung jawab sendiri.
    8. Tidak dibenarkan makan dan minum di dalam kelas dan serambi kelas baik pada waktu jam belajar berlangsung maupun pada saat istirahat.
    9. 3 menit menjelang lonceng pulang sekolah diwajibkan membersihkan kelas, laci dengan pengwasan guru yang mengajar.
  4. Kelangsungan Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas
    1. Untuk pagi hari, setiap siswa/i diizinkan masuk sekolah melalui pintu besar Jalan M.T.Haryono, pintu samping Jalan M.H.Thamrin dan pintu kecil kantin sekolah s.d pukul 50/12.25 WIB, dan setelah itu hanya melalui pintu kecil Jalan M.H. Thamrin. “bagi yang sudah masuk dalam kompleks sekolah tidak diizinkan keluar kecuali izin dari Kepala Sekolah melalui guru BK”.
    2. Lima menit sebelum lonceng tanda masuk berbunyi (06.45/12.20 WIB) siswa/i sudah berada di kompleks sekolah, dan bagi yang terlanmbat tidak diizinkan masuk ke lingkungan sekolah tanpa izin dari Kepala Sekolah.
    3. Dengan pimpinan ketua kelas, siswa/i diharuskan berdiri dan memberi hormat kepada setiap guru yang masuk atau keluar kelas. Dan khusus pada saat jam pertama dimulai dan jam ketujuh diakhiri, dilakukan doa yang dipimpin oleh salah seorang siswa/i yang ditunjuk oleh guru yang bertugas.
    4. Semua siswa/i harus tepat waktu mulai mengikuti seluruh aktivitas di sekolah, dan bagi yang terlambat (Setelah 06.55/12.30 WIB) dikenakan sanksi, yaitu ditahan satu jam pelajaran dengan mendapat pembinaan khusus dari guru BK.
    5. Setiap siswa/i tidak diperkenankan meninggalkan ruangan kelas tanpa ada izin dari guru yang bertugas di dalam kelas.
    6. Seluruh siswa/i wajib mengikuti hari-hari belajar di sekolah. Absen di sekolah hanya diizinkan jika ada surat pemberitahuan (dari orangtua, surat dokter, atau bukti-bukti dari wali kelas, atau instansi terkait) yang ditujukan kepada wali kelas/guru BK/kepala sekolah. Siswa/i yang absen tanpa alasan dianggap membolos.
      1. Tidak ada alasan bagi siswa/i untuk meninggalkan kelas atau sekolah jika bukan karena sakit, permintaan orangtua (sekolah) yang dilengkapi dengan surat yang ditandatangani oleh orangtua, guru pengajar, wali kelas / Waka 1 (jika wali kelas berhalangan), guru BK/ Kepala Sekolah.
      2. Siswa/i yang permisi pulang saat kegiatan belajar berlangung hanya dapat meninggalkan Sekolah dari pintu tengah Jalan M.H. Thamrin setelah menunjuk “Surat Izin Pulang” kepada Satpam, serta menuliskan namanya pada Buku Izin Pulang di pos satpam.
    7. Proses belajar mengajar di dalam kelas” wajib diikuti dengan serius dan sungguh-sungguh oleh siswa/i; mulai dari mendengar, menulis, mengerjakan tugas rumah, memperhatikan kelengkapan buku dan alat tulis. Siswa yang melanggaranya dikenakan teguran dan siswa yang mengulangi pelanggarannya segera diantarkan ke kantor BK untuk meendapat pembinaan khusus.
    8. Setelah lonceng pelajaran terakhir berbunyi, seluruh siswa/i meninggalkan ruangan kelas dengan membawa seluruh perlengkapan belajarnya, diikuti oleh guru pengajarnya dari belakang setelah menutupkan pintu kelas yang ditinggalkannya. (Artinya 7 menit setelah lonceng pelajaran terakhir berbunyi, seluruh siswa/i tidak ada yang berada di dalam atau di sekitar ruangan kelasnya).
    9. Pada saat pulang sekolah, pintu Jalan M.T. Haryono dan Jalan Talaud, dan pintu kecil kantin dibuka untuk siswa/i, dan ditutup kembali setelah 30 menit.
  5. PENANGANAN/PEMBINAAN
    Setiap siswa/i yang melanggar poin-poin diatas akan ditindak tegas oleh Guru pengajar, Wali Kelas, Guru BP, dan Kepala Sekolah, setimpal dengan pelanggarannya dengan ketentuan menurut sanksi yang diberikan sekolah.
  6. HAL-HAL KHUSUS
    1. Rokok : Bagi siswa yang kedapatan merokok di dalam kompleks sekolah dan sekitar sekolah (radius 200m dan pada kegiatan yang dilakukan perokok di luar kompleks Sekolah (seperti Retreat, Hash, tempat wisata) dikenakan sanksi dikeluarkan (dipecat) dari sekolah.
    2. Narkoba : Bagi siswa/i yang terbukti menyimpan/menggunakan/mengedarkannya langsung dikeluarkan (dipecat) dari sekolah.
    3. Berkelahi : Siswa yang berkelahi akan mendapat tindakan tegas, dan lebih berat bagi yang melibatkan diri, bisa langsung dikeluarkan dari sekolah.
    4. Mengubah keaslian tulisan : Siswa/i yang mengubah keaslian Buku Rapor, Daftar Nilai Bulanan, Pengumuman Sekolah diberikan sanksi yang berat (mendapatkan nilai kelakuan D pada satu Semester).
    5. Private Les : Siswa/i dilarang keras menerima private les dari guru yang bertugas di Methodist-2 Medan. Jika kedapatan akan ditindak tegas dan bisa dikeluarkan dari sekolah.
    6. Pembayaran Uang Sekolah : Setiap siswa/i menyetorkan uang sekolah selambat-lambatnya tanggal 15 setiap bulannya (kecuali bulan-bulan tertentu yang sudah diatur dalam buku pembayaran uang sekolah) dan melunasi pembayaran lainnya (Adm) pada tanggal yang sudah ditentukan.
    7. Teknis Ujian Semester :
      1. Memasuki ruangan ujian setelah ada tanda masuk dengan hanya membawa aat tulis, sedangkan kertas jawaban beserta soal dibagikan oleh guru pengawas.
      2. Siswa/i yang kedapatan berlaku curang dikenakan penghentian ujian mata pelajaran tersebut, dan dilaporkan ke Seksi Pengajar untuk dicantumkan namanya dipapan pengumuman; dan nilai ujian yang bersangkutan diberi 0 (nol).
      3. Siswa/i yang sudah selesai ujian segera meninggalkan ruangan ujian.
      4. Siswa/i yang berhalangan (sakit,alasan yang jelas dengan bukti tertulis) untuk ujian dikenakan biaya ujian susulan per mata pelajaran dengan menyetorkannya ke kasir
    8. Nilai Kelakuan (akhlak mulia) D : setiap siswa/i yang nilai kelakuannya dua kali nilai D (= perlu perhatian) berturut-turut dalam satu tahun pelajaran dikeluarkan (harus pindah) dari sekolah.
  7. FASILITAS SEKOLAH
    1. Yang dimaksud dengan fasilitas/peralatan sekolah adalah : ruangan kelas, lemari, papan tulis, meja, kursi, spidol, tinta, dispenser, telepon umum/sekolah, internet, papan pengumuman, AC, toilet, laboratorium dan perlengkapannya, perpustakaan dan buku-bukunya, aula, ruang kesenian, lapangan olahraga, lapangan parkit, dll.
    2. Seluruh siswa/i diminta untuk berperan menjaga dan memelihara peralatan/fasilitas sekolah dengan rasa kepedulian yang tinggi.
    3. Kerusakan fasilitas sekolah supaya segera dilaporkan kepada Wali Kelasnya.
    4. Kerusakan fasilitas akibat kelalaian dan kecerobohan sendiri supaya dilaporkan kepada guru BK untuk mendapatkan perbaikan, dan bagi yang melakukan kecerobohan dikenakan membayar biaya perbaikannya kepada kasir.
    5. Penggunaan laboratorium, aula, ruang kesenian, lapangan sekolah, peralatan IPTEK oleh siswa/i harus daam pengawasan guru/instruktur untuk bidang-bidang yang digunakan, setelah mendapatkan izin dari kepala sekolah.
  8. TATA TERTIB DI RUANGAN PRAKTIKUM/LABORATORIUM
    1. Harus menghormati seluruh guru / instruktur / staff dan sesama teman.
    2. Setiap praktikan wajib menaati peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah, laboratorium dan di ruangan praktikum.
    3. Wajib hadir 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan, dan bagi praktikan yang terlambat akan dikenakan sanksi.
    4. Wajib memakai jas praktikum dengan label nama (khusus Lab. Biologi) dan seragan sekolah yang lengkap selama praktikum berlangsung.
    5. Harus mempersiapkan diri, baik berupa teori maupun bahan-bahan praktikum yang telah ditentukan.
    6. Wajib mengisi jurnal praktikum dan tugas-tugas yang diberikan setelah melaksanakan praktikum.
    7. Bagi siswa/i yang tidak menaati peraturan laboratorium akan dikenakan sanksi berupa skorsing atau langsung dikeluarkan dari laboratorium / sekolah.
    8. Bagi siswa/i yang 3 kali berturut-turut tidak hadir tanpa alasan yang dapat diterima, nilai praktikumnya 0 (nol).
  9. KEGIATAN SORE HARI
    1. Bagi siswa/i yang akan mengikuti kegiatan atau masuk ke pekarangan sekolah sejak jam 13.30 WIB :
      1. Masuk dan keluar mealui Jalan M.H. Thamrin dari pintu samping dan bagi yang membawa sepeda motor boleh memarkirnya di tempat parkir guru di jalan M.H. Thamrin.
      2. Harus memakai baju seragam sekolah, atau seragam olahraga / T. Shirt untuk segala kegiatan/kepentingan disekolah dan bagi yang mengikuti kegiatan penjas / olahaga harus mengenakan pakaian olaraga sekolah.
      3. Khusus bagi yang ingin bermain sendiri di lapangan sekolah setelah pukul 30 WIB berpakaian olahraga dan bersepatu.
    2. Khusus bagi alumni atau mantan siswa yang ingin hadir di lapangan sekolah untuk “beberapa keperluan” harus mengisi “Daftar Buku Tamu” di tempat satpam.
    3. Siswa/i ataupun para alumni tidak diizinkan merokok di kompleks sekolah.
    4. Ketentuan 1,2,3 diatas berlaku untuk siswa/i murid yang masuk pagi maupun siang.